Sabtu, 09 Desember 2017

PEMOGRAMAN DASAR C++ I

Sebelum membahas lebih jauh tentang Pemrograman C++, ada baiknya kita tahu tentang sejarah terciptannya pemrograman ini. Dalam penciptaannya C ++ tidak lepas dari bahasa C sebagai bahasa pendahulunya, yang dapat diartikan sebagai bahasa pemrograman terstruktur yang membagi program dalam bentuk sejumlah blok, pemrograman yang dapat dikatakan berada antara bahasa beraras rendah (bahasa yang berorientasi kepada mesin) dan bahasa beraras tinggi (bahasa yang berorientasi pada manusia).

program c++ image
Pemrograman C++ Images

Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ricthie pada tahun 1972 yang merupakan pelopor atau pencipta pemrograman C ini, dengan tujuan untuk memudahkan dalam pembuatan dan pemgembangan sebuah program. Acuan standarisasi bahasa C yaitu ANSI (American National Standard Institute). Satu  dekade setelah pemrograman bahasa C muncul bahasa C++ yang di ciptakan oleh Bjarne Strowstup, Laboratorium Bell, AT & T pada tahun 1983. Pada mulanya C++ di beri nama (a better c), kemudian berganti nama C++ oleh Rick Masciti tahun 1983, tanda ++ berasal dari nama operator penaikan dari bahasa C.

contoh kode program C++
contoh kode program C++

Bahasa C sangat kompatibel di berbagai mesin mulai dari PC hingga mainframe, serta pada pelbagai sistem operasi (DOS, UNIX, VMS). Keunggulan bahasa C++ adalah mampu mendukung pemrograman berorientasi obyek (PBO) /OPP (Object Oriented Programming). Tujuan utama pembuatan program C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Greg Perry dimana pada tahun 1993 mengungkapkan program C++ dapat meningkatkan produktivitas pemrogram lebih dari 2X di bandingkan bahasa prosedural C, Pascal, atau BASIC hal ini dibuktikan dengan code C++ yang mudah di ingat, juga anda harus bisa pandai dalam memahami karakteristik C++.

Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)

Dasar atau basic dari PBO (Pemrograman Berorientasi Obyek) adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi satu kesatuan unit. Unit ini di kenal dengan obyek (object). Object bisa kita ibaratkan seperti perusahaan-perusahaan, departemen-departemen seperti : penjualan, akunting, personalia.
contoh pemrograman berbasis obyek
contoh pemrograman berbasis obyek

Karakteristik PBO (Pemrograman Berbasis Obyek)

  • Encapsulation
  • Inheritance
  • Polymorphism
Tiga karakter di atas mendukung reusability yang merupakan faktor dari kualitas perangkat lunak.
Relisability adalah Suatu sifat yang memperkenalkan kelas yang dibuat dan di uji dapat didistibusikan ke pemrograman lain untuk di pakai pada program-program mereka.

Kompiler C++

Saat ini banyak kompiler C++ yang beredar dan di pasarkan sebagai contoh Micrososft Corporation, sebagai perusahaan perangkat lunak yang mahsyur, dengan produk kompiler C++ beruapa "Microsoft C/C++ dan Visual C++". Adapun Borland International, yang sangat populer dengan "TURBO PASCAL" diantarannya "TURBO C++ DAN BORLAND C++".

» contoh program C++ :




Anda dapat menyimpan program tersebut dengan nama PRG_1.CPP. Jika program di kompilasi atau di eksekusi maka hasilnya :

Penjelasan :


  • Fungsi main ( )
  • Program C++ tidak lepas dari fugsi, sebab fungsi adalah salah satu dasar penyusun blok pada C++
    Sebuah programminimal mengandung fungsi yaitu main ( ).
    Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.
main adalah nama judul fungsi 

    cout  << "Hai, Selamat menggunakan C++\n";
}
di mulai tanda { hingga } adalah tubuh fungsi, spesifiknya di dalam tanda { } di sebut BLOK

  • Tanda ( )
  • Untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang akan di lewatkan ke fungsi, pada fungsi main
    tidak ada argumen maka tidak ada entri di dalam ( )
  • Tanda {
  • Pada fungsi main ( ) (awal fungsi) menyatakan awal eksekusi program
    } di gunakan untuk mengakhiri eksekusi.
  • Void
  • Di gunakan untuk menyatukan bahwa fungsi ini tidak memiliki nilai balik (return value).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEAMANAN DAN PENJAMIN INFORMASI PERTEMUAN 1

  Pengantar Keamanan dan Penjaminan Informasi