Sabtu, 09 Desember 2017

PEMOGRAMAN DASAR C++ II

Seperti yang kita ketahui bahwa pemrograman dasar C++ terdiri dari bahasa pengkodean dan fungsi-fungsi atau nilai. Dimana ada banyak bahasa pemrograman C++ di dasarkan pada sintaksis dan semantik. Sintaksis adalah aturan-aturan gramatikal yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi dan pernyataan sedangkan semantik adalah aturan-aturan untuk menyatakan suatu arti.Dalam kaitannya bahasa pemrograman C++ seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya di postingan, program dapat bekerja pada sebuah obyek atau lebih di kenal dengan OOP (Object Oriented Programming).Dengan bahasa berorientasi obyek kita tidak perlu menuliskan semua pernyataan dan ekspresi seperti bahasa beraras tinggi, melainkan cukup dengan memasukan kriteria-kriteria yang di kehendaki saja.
Semantik logo icon
Semantik logo icon
Pada konsepnya pemrograman C++ adalah sebuah program atau metode yang tepat, yang terdiri dari serangkaian langka-langkah terstruktur dan di tuliskan secara sistematis yang akan di kerjakan untuk  menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer. Dengan bantuan software atau perangkat lunak seperti  kompiler Borland C++,  Turbo Pascal,TurboC, maka anda dapat membuat sebuah program.
Compiler borland C++ image
Compiler borland C++ image
Sebelum melangkah lebih jauh tentang pemrograman pada C++, ada baiknya kita mengenal bulu kode atau fungsi dari perintah-perintah yang akan di kerjakan oleh C++.

contoh program sederhana :



    FUNGSI COUT
Fungsi cout (baca c out) merupakan obyek di dalam C++ yang bertujuan untuk mengarahkan data ke standard output (layar)
cout operand C++
cout operand C++
contoh:


contoh di atas adalah implementasi penggunaan cout

    TANDA <<(kurang dari berurutan)
    Penyisipan / peletakkan
Operator ini akan mengarahkan operand data yang terketak di sebelah kanannya ke obyek sebelah kiri.
pada contoh diatas konstanta string :


Diarahkan ke cout yang memberikan hasil berupa tampilan sring tersebut ke layar.

    FUNGSI TANDA \n
Adalah karakter pindah baris(newline)
    FUNGSI #include < iostream.h>
Baris #include <iostream.h> bukan sebuah pernytaan baris tersebut menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file lain. Pada contoh diatas yaitu iostream.h di sebut file "header" yaitu file-file yang berisi berbagai deklarasi seperti fungsi, variabel, dan sebagainya.
Tanpa kehadiran baris tersebut akan terjadi kesalahan sewaktu di kompilasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEAMANAN DAN PENJAMIN INFORMASI PERTEMUAN 1

  Pengantar Keamanan dan Penjaminan Informasi